Awalnya, hijab memang hanya dipakai untuk menutup aurat bagi para muslimah, namun sekarang, para hijabers juga sudah mulai memegang kendali berkontribusi dalam dunia fesyen.

Booming tren fashion hijab tak cuma di Tanah Air dan negeri jiran, tapi terbilang cukup mendunia, bahkan sampai Amerika Serikat dan Eropa–seperti acara Savera Women Expo baru-baru ini di London yang juga menyuguhkan tren terakhir fashion muslim kekinian.

Berhijab tak perlu kaku. Kamu yang ingin memulai berhijab pun bisa mengaplikasikan beberapa prinsip dasar fashion agar tetap cantik, dan tetap aligned dengan tren fashion terkini. Cuma butuh melakukan beberapa trik basic untuk itu. Berikut cara-caranya.

Stok peniti dan jarum

jarum
Image: Flickr.com/Quinn Dombrowski

Hal terpenting bagi para hijabers adalah tidak keluar rumah tanpa membawa stok peniti dan jarum. Seperti halnya perempuan tak berhijab yang selalu mempunyai stok bobby pins kemana-mana, Anda pun juga harus membawa stok peniti dan jarum kemana saja. Peniti dan jarum pentul bisa digunakan untuk memvariasikan aksen hijab Anda. Bisa dipasang di samping atau di bagian atas kepala.

 

 

Aksesori tak selalu harus kalung dan anting, untuk hijabers–di acara semi-formal bahkan formal–Kamu bisa menggunakan headband yang disesuaikan dengan gaya hijab yang dikenakan. Agar tidak terlalu berlebihan, perhatikan motif hijab yang dipilih. Sebisa mungkin, gunakan headband yang minimalis jika kamu masih ingin menggunakan aksesori di bagian leher, atau motif pakaian yang ‘ramai’.

Kalung atau motif?

Hijab
Image: Flickr.com/Febrianto Pudi Utama

Untuk para hijabers, perlu diperhatikan mengenai pemilihan motif dan juga kalung. Untuk hijab dengan motif yang ‘ramai’, usahakan diseimbangkan dengan kalung yang sangat minimalis, jika perlu, tidak perlu menggunakan kalung sama sekali. Jika Anda menggunakan hijab tak bermotif, Anda bisa memakai kalung yang simple atau kalung statement sekalipun, tergantung dengan gaya dan acara yang hendak Anda datangi.

Gunakan peniti untuk bahan kaos

peniti

Image: pixbay.com

Hijab kaos merupakan bahan yang paling diminati oleh hijabers yang tinggal di negara tropis, terutama Indonesia. Hijab ini dipilih karena bahannya yang nyaman di kepala dan terbilang praktis pemakaiannya. Sayangnya, bahan kaos mudah melar. Jadi, usahakan kamu menghindari proses mengikat hijab tersebut. Untuk penggantinya, kamu juga bisa menggunakan peniti sebagai perekat hijab.

Tangani ‘hijab terbang’ dengan peniti

peniti unik

Image: http://keyocollection.blogspot.co.id/

Kamu pasti sering merasakan ‘hijab berterbangan’ saat menggunakan bahan chiffon. Untuk menghindarinya, kamu cukup menyelipkan peniti di beberapa sisi untuk mengaitkan hijab dengan pakaian ataupun inner hijabmu untuk menahan bahan chiffonyang mudah melayang.

Ciput sahabat chiffon

 

Selain peniti, untuk kamu yang menyukai bahan chiffon, pastikan memakai inner hijab: ciput atau dalaman ninja yang berbahan kaos untuk menyeimbangkan bahan chiffon yang lembut dan mudah meleset saat langsung mengenai rambut.

Sesuaikan gaya hijab dengan bentuk wajah

hijab
Image: Flickr.com/Taufiq Aizuddin

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat menentukan gaya hijab adalah bentuk wajah. Jika  berwajah kotak, usahakan lah untuk menutup bagian rahang dan pipi, untuk kamu yang berwajah bulat, tutupi pipi dan tunjukan dahi agar terlihat lebih tirus. Sedangkan untuk yang berwajah lonjong, usahakan untuk menutupi bagian dahimu sehingga terlihat lebih kecil. Trik ini bisa dibilang salah satu hal terpenting yang diketahui mereka yang ingin eksplorasi gaya hijab.

Hindari terlihat gemuk dengan hijab berlapis

jilbab berlapis

Image: Instagram / @hijabenka

Memakai hijab yang hanya dililitkan menjadi tren yang banyak diminati sekarang ini, karena mudah dan juga tetap stylish. Tapi tentu Anda juga tidak mau telihat gemuk dengan lapisan kain tersebut ‘kan? Untuk menghindari hal tersebut, pastikan lapisan pertama hijab Anda menunjukkan bentuk pipi Anda dengan menempelkannya menggunakan jarum atau peniti. Dengan begitu, berapa lapispun, tulang wajah Anda akan terlihat dan Anda pun dapat menghindari kesan ‘terlalu menumpuk’.

Berkacamata? Ini triknya

kacamata
Image: Flickr.com/Alba García Aguado

Tidak selamanya kacamata ‘merusak’ gaya atau bentuk hijab yang Anda sedang kenakan. Nah, solusinya, Anda bisa mengaplikasikan hijab berlapis dan selipkan gagang kacamata Anda di lapisan kedua hijab Anda. Voila! Bentuk hijab Anda akan tetap cantik dan Andapun tetap nyaman untuk mengenakan kacamata.

Anda juga bisa bereksperimen dengan warna, motif, dan bawahan. Yang perlu diingat, begitu banyak pilihan gaya yang bisa membuat Anda bisa tetap stylish ketika berhijab. Selamat mencoba!